Mengenal NFT Yang Populer Saat Ini Dan Manfaatnya

Mengenal NFT Yang Populer Saat Ini Dan Manfaatnya

NFT menjadi perbincangan hangat ketika seorang Ghozali mendapatkan uang 1 milyar lebih dengan menjual NFT. Tiba-tiba orang ingin mengetahui apa itu NFT. Pembahasan kali ini akan membantu sobat untuk  mengenal NFT secara lebih mendalam. 

Sudah tidak sabar lagi? Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa Itu NFT

NFT adalah singkatan dari Non-Fungible Token, yang merupakan token digital. NFT ini bekerja dengan cara ditautkan dengan sistem blockchain. NFT ini sendiri merupakan aset digital dimana sobat dapat menjual dan membelinya. Ghozali Everyday adalah salah satu pemain NFT Indonesia.

Ada banyak bentuk NFT yang bisa kamu temui seperti foto, atau video, serta bentuk lainnya. Dengan kelebihannya ini, ada kesempatan untuk melakukan digitalisasi karya seni menjadi aset yang dapat dijual ataupun dibeli. Jadi ketika sebuah karya seni dibuat dalam bentuk NFT, maka yang dijual adalah karya NFT itu sendiri.

Bagaimana Cara Menjual Dan Membeli NFT

Untuk menjual sesuatu, tentu saja memerlukan pasar yang sesuai. Sesuatu yang digital seperti NFT memiliki pasar tersendiri yang tersedia menggunakan teknologi blockchain. Selain menentukan pasar, kamu juga harus mengetahui dompet digital dan jenis cryptocurrency apa yang dipergunakan.

Pasar NFT yang sedang menjadi pembicaraan hangat adalah OpenSea. Proses dan jenis NFT yang dijual akan berbeda-beda pada setia platform. Umumnya kamu harus mengunggah konten terlebih dulu ke pasar, lalu diubah menjadi NFT. Masukkan keterangan tambahan seperti harga serta deskripsi pekerjaan.

Untuk dapat membeli NFT, kamu tinggal masuk ke pasar yang diinginkan, dan memilih NFT yang mau dibeli. Biasanya pembelian menggunakan ethereum.

Apa Saja Manfaat NFT

Teknologi ini ternyata memberikan cukup banyak manfaat, khususnya dalam hal karya seni.

  • Manfaat Finansial

Seorang seniman dapat membuat versi NFT dari karya seninya yang kemudian dijual di pasar NFT. Nilai uangnya bisa mencapai lebih dari 1 triliun rupiah. Salah satu NFT termahal adalah ”The Merge” yang terjual 1,3 triliun.

  • Memberikan Perlindungan Akan Hak Cipta

Kehebatan teknologi blockchain adalah bahwa sulit untuk melakukan duplikasi atau tiruan dari sebuah karya. Dengan begitu, suatu karya hanya ada 1 buah dan dimiliki oleh 1 orang pada waktu yang sama. Yang bisa terjadi hanyalah perpindahan ketika suatu karya dijual.

Sekarang kamu sudah mengenal NFT dengan lebih jelas mulai dari apa itu NFT sampai manfaatnya. Mungkin saja sekarang kamu tertarik untuk terjun dalam dunia NFT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *