5 Cemilan Wajib Coba di Palembang

5 Cemilan Wajib Coba di Palembang

Sebagian besar dari kita mungkin mengenal Palembang hanya dari pempek sebagai kuliner utamanya. Faktanya, banyak cemilan Palembang yang juga terkenal karena rasanya yang nikmat. Berikut ini beberapa cemilan yang harus kamu coba ketika mengunjungi Palembang:

1. Kue Maksuba

Segi kenampakan dari kue ini mungkin terlihat seperti kue lapis dan maksuba menjadi kue favorit di Palembang. Kue ini terbuat dari campuran telur bebek, gula, dan mentega yang kemudian dibuat dengan berlapis-lapis.

Cita rasa dari kue satu ini yaitu manis dan juga legit, sangat nikmat untuk kamu makan di pagi hari. Kue ini bisa kamu dapatkan di pasar atau pusat oleh-oleh dengan kisaran harga Rp 100 ribuan.

2. Lempok Durian

Beberapa orang yang tidak tahu makanan ini pasti akan menganggap lempok durian sebagai dodol. Jajanan ini memang mirip seperti dodol tetapi berbahan dasar gula dan juga donan durian yang bercita rasa khas. Kue ini banyak terdapat di pusat oleh-oleh dengan harga mulai dari Rp 50 ribuan setiap bungkus.

Lempok adalah jajanan warisan nenek moyang dan telah dibuat secara turun-temurun loh sobat. Jajanan satu ini tetap menggunakan kompor dari kayu bakar sebagai pemanas sehingga cita rasa masih terjaga dengan baik.

3. Kue Kojo

Kue khas Palembang lainnya yang juga patut kamu coba adalah kue Kojo yang mirip seperti kue bolu pandan. Jajanan ini terbuat dari bahan baku telur bebek, bukan telur ayam seperti yang ada pada bolu lainnya.

Aroma dari daun pandan dengan campuran mentega menjadi cita rasa khas lainnya dari kue ini. Kue ini biasa hadir di acara adat atau di pusat oleh-oleh dengan harga Rp 70 ribuan.

4. Pecah Seribu

Olahan ikan adalah ciri khas lain dari kuliner Palembang salah satunya adalah pecah seribu ini. Pecah seribu merupakan kerupuk dari olahan ikan yang kerap menjadi oleh-oleh bagi wisatawan.

Satu hal unik dari makanan ini adalah proses penggorengannya yang memiliki teknik tersendiri. Pecah seribu bisa kamu temui di pasar dengan harga mulai dari Rp 17 ribuan tergantung beratnya. 

5. Kue Gandus

Cemilan lain yang perlu kamu coba adalah kue gandus berbahan dasar tepung kanji dan campuran tepung beras. Kue satu ini terkenal karena teksturnya yang lembut dan terasa legit di mulut.

Kue gandus bisa kamu temui di pasar-pasar daerah Palembang dengan harga mulai dari Rp 1.500 setiap biji. 

Berbagai cemilan Palembang memang cocok untuk kamu nikmati ketika pagi hari sebagai pengganti sarapan dan bisa kamu temukan di pasar palembang. Kue-kue manis dan olahan ikan menjadi ciri khas dari kuliner kota satu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *