Cara Membuat Pempek-Pempek agar Adonannya Tidak Keras

Cara Membuat Pempek-Pempek agar Adonannya Tidak Keras

Pempek Palembang merupakan makanan khas yang populer. Meski tak berada di Palembang, Nowers juga masih bisa mencicipi pempek lho. Kamu bisa membelinya langsung ataupun membuat sendiri di rumah. Nah, bagaimana cara membuat pempek-pempek agar teksturnya kenyal dan tidak keras?

Tips Agar Adonan Pempek Tidak Keras

Salah satu kunci dari pempek yang enak adalah teksturnya yang empuk dan mudah dimakan. Inilah yang membuat banyak orang kesulitan membuat pempek dengan hasil sempurna. Nah, berikut ini adalah beberapa tips agar adonan pempek kamu tidak keras:

  1. Pilih Daging Ikan Segar

Salah satu bahan utama dalam resep pempek adalah ikan. Ada dua jenis ikan yang biasa digunakan untuk pempek yaitu belida dan tenggiri. Agar adonan pempek tetap kenyal alami maka daging ikan yang kamu gunakan harus masih segar ya.

Tak hanya segar, kondisi daging ikan harus dingin agar tekstur pempek yang kamu buat kenyal. Kamu bisa menyimpan ikan ke dalam kulkas sebelum mengolahnya menjadi pempek.

Selain itu kamu juga disarankan menggunakan air es untuk mencampur dan menyatukan adonan. Penggunaan air es ini akan membuat tekstur pempek lebih kenyal.

  1. Rasio Tepung Sagu dan Ikan Tidak Boleh Asal

Nowers, kamu wajib memahami bahwa jumlah bagian tepung sagu dan daging ikan yang masuk dalam adonan adalah 1:3 atau maksimal 1:1. Tepung sagu sendiri dalam pembuatan pempek palembang berfungsi sebagai perekat agar daging ikan menyatu.

Kamu yang ingin pempek memiliki tekstur empuk maka bisa memperbanyak jumlah daging ikan. Sebaliknya, jika kamu ingin tekstur pempek lebih kenyal tapi tidak keras maka tepung sagu bisa ditambah asal tidak lebih banyak dari daging ikannya.

Sebagai informasi tambahan, beberapa orang lebih suka menggunakan tepung sagu tani karena kadar kanji lebih baik. 

  1. Kamu Tidak Perlu Menguleni Adonan Pempek

Meski menggunakan tepung sagu sebagai bahan campuran, tapi kamu tidak perlu menguleni adonan pempek lho. Cukup campur adonan hingga merata. Jangan lupa untuk menambahkan sedikit minyak ke dalam air rebusan agar si pempek tidak lengket ke dasar panci.

Bagaimana dengan cara membuat pempek tanpa ikan? Tenang saja, tips-tips di atas tetap bisa kamu terapkan kok. Hanya saja, kamu tidak perlu memikirkan bahan ikannya. Misalkan kamu ingin membuat pempek dos, maka isiannya bisa berupa abon dan cabe bubuk. Rasio isian dan tepung bisa memakai perbandingan 1:2 ya.Semoga sedikit info dan tips dalam cara membuat pempek-pempek di atas bermanfaat untuk kamu ya. Jangan lupa bagikan pempek buatan kamu agar orang lain terinspirasi melakukannya. Yuk lestarikan kuliner nusantara!

Leave a Reply

Your email address will not be published.