5 Jenis Kapal Penangkap Ikan di Laut yang Terbaik

5 Jenis Kapal Penangkap Ikan di Laut yang Terbaik

Kapal penangkap ikan adalah kapal yang secara khusus dibuat untuk menangkap ikan. Kemudian hasil tangkapan dari laut akan dijual di pasar atau pelelangan ikan. Ada 5 jenis kapal penangkap ikan di laut, apa sajakah jenis tersebut? Berikut ini kita akan membahasnya.

5 Jenis Kapal Penangkap Ikan di Laut yang Terbaik

Kapal penangkap ikan mempunyai kemampuan untuk mengangkut, menampung, menyimpan, sekaligus mendinginkan maupun kebutuhan dalam mengawetkan ikan hasil tangkapan. Ada beberapa jenis kapal ikan, menyesuaikan dengan kebutuhan nelayan berdasarkan karakteristik ikan tangkapan serta medan laut.

1. Kapal Tonda

Ciri khas dari kapal yang satu ini memiliki pancing yang ditarik ke sepanjang permukaan. Kapal tonda memiliki ukuran yang bervariatif, mulai dari yang kecil hingga besar. Kapal ini sendiri di Indonesia beroperasi pada wilayah Bawean dan Karimun Jawa. Terdapat dua jenis kapal tonda, yakni Tinda Pertengahan dan Tonda Permukaan.

2. Kapal Pancing

Terdapat beberapa tipe kapal pancing yang ada di Indonesia, bahkan kapal ini masih banyak dipakai. Kapal ini biasanya mengikuti tipe Jepang atau Amerika. Ada 3 jenis kapal pancing, yakni Pancing Joran, Pole and Line yang memiliki bentuk streamline, dan juga Huhate untuk menangkap ikan cakalang.

3. Kapal Pukat

Kapal penangkap ikan komersial ini memiliki pukat dalam pengoperasian untuk penangkapan ikannya. Pukat merupakan jaring besar dan panjang sebagai penjebak ikan untuk nelayan tangkap. Ada 3 jenis kapal pukat yang beroperasi, yakni Trawl, Double Rigger Trawl, dan Purse Seine.

4. Kapal Rawai

Sering disebut dengan long line, kapal ini memiliki 2 jenis, yakni Drip Long Line dan Bottom Long Line. Kapal ini sering digunakan untuk menangkap ikan tuna, sehingga sering disebut dengan Rawai Tuna. Rawai di kapal ini gabungan dari sejumlah alat penangkap ikan.

5. Kapal Jaring

Jenis kapal yang terakhir ini tidak sebesar pukat dalam penangkapannya. Kapal ini biasanya digunakan oleh nelayan pesisir untuk menangkap ikan, tetapi tidak sampai ke laut samudra. Ada 2 jenis kapal jaring, yakni Insang dan Jaring angkat.

Demikianlah 5 jenis kapal penangkap ikan di laut yang terbaik sesuai dengan kategorinya. Setiap kapal memiliki spesifikasi sendiri sesuai dengan kebutuhan nelayan.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *