5 Stand Up Comedy Terkenal di Indonesia

5 Stand Up Comedy Terkenal di Indonesia

5 Stand up comedy terkenal di Indonesia menarik untuk kita ulas! Stand up comedy menjelma sebagai hiburan yang cukup populer di Tanah Air, terlebih dalam beberapa tahun terakhir. Acara lucu-lucuan ini bahkan mampu menarik atensi masyarakat untuk menontonnya.

Materi stand up yang komika hadirkan selalu berhasil mengocok perut pemirsa. Tak jarang mereka menjadikan isu politik untuk bahan sindiran sekaligus lelucon kepada para pejabat. Meski kerap menghadapi risiko dari sejumlah petinggi negara, namun hal itu justru menjadi ciri khas tersendiri bagi para stand up comedian.

Inilah Daftar 5 Stand Up Comedy Terkenal di Indonesia

Pada dasarnya, stand up comedy adalah jenis lawakan atau komedi tunggal yang seseorang sampaikan dengan bermonolog mengenai sebuah topik. Selain sebagai sarana menghibur masyarakat, seni komedi ini sekaligus menjadi profesi para komika.

Tak sedikit alumni stand up comedian yang meraih kesuksesan di entertainment, hingga kerap diundang para pejabat untuk menghibur di acara besar mereka. Berikut ini daftar 5 stand up comedy terkenal di Indonesia, yang penampilannya tidak pernah mengecewakan.

1. Raditya Dika

Nama Raditya Dika tentu sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Ayah 2 anak ini mulai terkenal melalui blog pribadinya sejak tahun 2006 silam. Raditya Dika sendiri patut menyandang gelar komika senior yang kesuksesannya tidak terkalahkan.

Selain berkarir di dunia stand up comedy, ia juga aktif menulis buku. Sejumlah buku karyanya sukses menjadi film dengan jumlah penonton luar biasa. Sebut saja Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, dan Single.

2. Pandji Pragiwaksono

Nama Pandji Pragiwaksono layak masuk kategori 5 stand up comedy terkenal di Indonesia. Bahkan, Panji merupakan salah satu penggagas komunitas stand up. Sama halnya dengan Raditya Dika, Panji juga aktif menulis buku seperti Merdeka dalam Bercanda dan Berani Mengubah.

3. Cak Lontong

Pemilik nama asli Lies Hartono merupakan seorang stand up comedian papan atas yang memiliki banyak sekali penggemar. Tak hanya kalangan masyarakat biasa, namun para pejabat pun juga kerap mengundang Cak Lontong di sejumlah acara kenegaraan. Ia terkenal karena memiliki humor unik dengan khas bahasa Jawa yang kocak.

4. Bintang Emon

Nama bintang emon cukup populer karena memiliki keberanian yang luar biasa. Tak jarang materi stand upnya berada di “pinggir jurang”, dengan topik politik Indonesia sekaligus sindiran kepada para pejabat. Bintang Emon sendiri kerap berkolaborasi dengan Najwa Shihab untuk membahas isu politik dalam negeri.

5. Ernest Prakasa

5 stand up comedy terkenal di Indonesia yang terakhir adalah Ernest Prakasa. Tak hanya membawakan materi stand up, Ernest sekaligus menjadi juri di acara komedi tersebut. Ia juga terkenal sebagai aktor, penulis, serta produser dari film hasil karyanya sendiri. Sekian, semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *