5 Tipe Sepeda untuk Kamu yang Memulai Hobi Sepeda

5 Tipe Sepeda untuk Kamu yang Memulai Hobi Sepeda

Saat ini hobi sepeda kembali digiatkan, dan tidak heran jika sekarang penggunaan sepeda semakin berjamur. Bagi yang bingung ingin memilih sepeda berikut ini akan dibahas tipe sepeda untuk kamu yang memulai hobi sepeda paling tepat untuk digunakan dan mudah ditemukan. 

  1. MTB (Montain Terrain Bike)

Pertama adalah jenis sepeda yang cocok bagi orang-orang yang memang sudah sering menggeluti olahraga sepeda. Jenis sepeda yang sesuai dengan namanya cocok untuk jalan bebatuan, berpasir, dan juga berlumpur serta yang lainnya.

Karena digunakan untuk rute yang lumayan ekstrim, maka rangka sepeda ini dibuat sangat kuat. Tidak mudah hancur ataupun rusak saat mengalami benturan akibat terjatuh atau berbenturan dengan tanah. 

  1. Sepeda Hybrid

Dikatakan sepeda hybrid karena tipe sepeda yang satu ini merupakan gabungan antara sepeda MTB dengan Road Bike. Sepeda ini memiliki rangka yang kuat, namun nyaman untuk digunakan sehingga cocok untuk yang baru memulai hobi sepeda. 

Sepeda ini dapat digunakan untuk jalanan aspal, dan juga jalanan berbatu. Tidak seperti MTB yang hanya untuk rute terjal, dan road bike yang hanya bisa digunakan untuk jalan bebatuan seperti di pegunungan.

  1. Road Bike

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa road bike ini lebih banyak digunakan untuk jalanan yang beraspal. Sepeda ini dibagi menjadi tiga jenis diantaranya adalah Aero, Endurance, dan juga Leightweight dengan perbedaannya masing-masing.

Banyak yang menyebut sepeda ini dengan sebutan lain yakni sepeda balap. Hal ini dikarenakan sepeda ini sering digunakan untuk balapan, namun tenang saja pemula masih bisa menggunakan sepeda ini.

  1. City Bike 

Sepeda ini sering disebut sebagai sepeda anak-anak karena memiliki ukuran kecil dengan keranjang di depannya, dan pada bagian belakangnya terdapat jok tambahan untuk membonceng. Di Indonesia sendiri sepeda ini dikenal dengan nama sepeda mini.

Namun sepeda ini juga sudah bisa digunakan oleh orang Indonesia, bahkan di Eropa sepeda ini digunakan oleh laki-laki dan perempuan.

  1. Sepeda Lipat

Terakhir merupakan sepeda yang cocok untuk tipe pesepeda yang ingin simple, karena sepeda ini bisa dilipat. Ukurannya yang tidak terlalu besar membuat sepeda ini mudah untuk disimpan.

Di Indonesia, sepeda ini sering digunakan oleh orang kantoran ataupun untuk kegiatan car free day. Ternyata tidak sulit untuk menemukan tipe sepeda untuk kamu yang memulai hobi sepeda. Jadi jangan sampai memilih sepeda yang sesuai dengan keinginan, kebutuhan, dan juga kemampuan.

Nowers bisa beli sepeda di palembang dan ada informasi terbaru dari komunitas sepeda di jakarta, melalui ZaproTV dimana akan dibangun Taman sepeda terbesar di Asia Tenggara, Hambalang Bike Park. Segera partisipasi supaya kamu tidak ketinggalan dengan berita terbaru dari seputar taman sepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *