5 Tips untuk Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

5 Tips untuk Menghilangkan Bau Mulut Saat Berpuasa

Tidak bisa dipungkiri bahwa permasalahan utama saat berpuasa adalah bau mulut. Karena itu akhirnya banyak yang mencari tips untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang bisa dilakukan dengan mudah.

Karena sebenarnya bau mulut saat berpuasa ini bisa dihindari, berikut ini adalah tipsnya.

1. Minum Air yang Cukup

Pertama adalah minum air yang cukup saat berbuka, di waktu malam, dan juga saat sahur. Usahakan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas dalam sehari untuk menghindari bau mulut.

Selain itu mengkonsumsi air yang cukup juga bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, dan mencegah terjadinya kekurangan cairan. Dengan mengkonsumsi air minum secara rutin ini bisa menjaga kualitas air liur.

2. Hindari Mengkonsumsi Makanan yang Menyebabkan Bau

Saat sahur dan berbuka hindari makanan yang memiliki bau menyengat, utamanya saat waktu sahur. Jangan mengkonsumsi makanan yang bisa menimbulkan bau tidak sedap seperti jengkol, bawang, ataupun petai.

Lebih baik saat sahur konsumsi banyak sayur dan buah, karena salah satu manfaatnya adalah membuat mulut tetap segar. Jadi selain terhindar dari bau mulut, juga menjaga kesehatan yang mengkonsumsi.

3. Menjaga Wudhu 

wudhu

Mungkin tips ini terdengar klasik, namun ternyata sangat bermanfaat dan sangat mudah untuk diterapkan. Karena dengan berwudhu, maka seseorang akan berkumur dan berkumur itulah yang bisa membersihkan mulut.

Dengan berkumur secara rutin melalui wudhu maka bisa menjaga mulut untuk tetap segar dan terhindar dari bau. Namun ingat, jangan sampai ada air yang tertelan saat sedang berwudhu.

4. Minum Teh Hijau Saat Berbuka 

minum teh hijau

Tips tidak bau mulut saat puasa selanjutnya adalah mengkonsumsi teh hijau saat berbuka puasa. Kandungan antioksidan dalam teh hijau sangat bermanfaat untuk mengatasi bakteri pada mulut.

Selain itu kandungan antioksidan dari teh hijau juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan seseorang yang tengah berpuasa. Jadi jangan lupa untuk mengkonsumsi minuman ini supaya terhindar dari bau mulut.

5. Hindari Merokok

dilarang merokok

Merokok memang kebiasaan banyak orang yang susah dihentikan, namun ternyata salah satu tips mencegah bau mulut saat puasa adalah menghindari rokok. Karena rokok bisa membuat mulut seseorang menjadi bau asap, dan tembakau.

Jadi ada baiknya untuk menghindari konsumsi rokok saat di bulan puasa untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi.Itulah tadi tips untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa yang bisa dilakukan dengan mudah. Jangan lupa di praktekan supaya nafas tetap terjaga kebersihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *