Mengapa Terjadinya Fenomena Hujan Es?

Mengapa Terjadinya Fenomena Hujan Es?

Proses terjadinya fenomena hujan es masih membuat penasaran sebagian orang. Fenomena tidak biasa ini seringkali terjadi saat peralihan musim kemarau ke penghujan. Sesuai dengan namanya, air yang jatuh ke bumi memang berbentuk bongkahan es.


Proses Terjadinya Fenomena Hujan Es
Fenomena alam ini bisa terjadi di negara subtropis maupun ekuator. Mengenai penyebabnya pun, ada proses tersendiri yang penting untuk Anda ketahui. Fenomena ini bisa terjadi karena suhu udara yang ada di atas permukaan bumi sangatlah rendah. Karena hal itu, air hujan jadi membeku membentuk butiran es dan jatuh ke bumi.


Sementara untuk tahapannya, awalnya ada pembentukan awan dan terjadi proses kondensasi. Uap air yang ada di atmosfer lantas membentuk tetesan air. Proses berikutnya yaitu pembentukan kristal es. Kristal es terbentuk karena suhu udara yang sangat rendah sehingga membekukan tetesan air.

Lambat laun kristal es tersebut akan menarik uap air yang ada di sekitarnya. Setelah itu, kristal es akan membesar dan berat. Karena ada gaya gravitasi, kristal es tersebut akan tertarik ke bawah. Dari proses terjadinya fenomena hujan es ini, kristal es akan turun ke bumi bersamaan dengan air hujan.

Terkait proses terjadinya, fenomena alam ini sebenarnya juga bisa karena pembekuan. Uap air tertarik ke dalam permukaan benih es. Hal tersebut memunculkan proses pengembunan tiba-tiba sehingga tercipta es yang ukurannya besar. Selain turun dengan air hujan, tak sedikit pula hujan es yang datang disertai puting beliung.


Untuk fenomena ini biasanya berasal dari awan yang berjenis sel tunggal dan berlapis-lapis. Bisa juga berasal dari jenis awan multisel yang ada di dekat permukaan bumi.

Dengan proses di atas, fenomena alam ini memang tidak merata. Dalam artian, fenomena alam ini berlangsung secara lokal. Fenomena ini hanya terjadi di sejumlah wilayah tertentu saja dalam satu waktunya.


Setelah memahami uraian di atas, Anda bisa tahu bagaimana proses terjadinya fenomena hujan air es. Anda pun tak perlu lagi merasa penasaran mengapa peristiwa tersebut bisa terjadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *