5 Fakta Tentang Gunung Dempo Pagar Alam yang Unik dan Menarik

5 Fakta Tentang Gunung Dempo Pagar Alam yang Unik dan Menarik

5 Fakta tentang Gunung Dempo Pagar Alam yang menarik dan unik berikut ini mungkin belum pernah Anda dengar atau ketahui sebelumnya. Gunung Dempo adalah salah satu gunung yang terletak di Sumatera Selatan. Gunung ini menjadi salah satu favorit pendaki karena memiliki tingkat kesulitan yang berbeda namun juga tetap ramah bagi pendaki pemula.

5 Fakta Tentang Gunung Dempo Pagar Alam

Terdapat beberapa fakta Gunung Dempo yang bisa Anda simak untuk menambah pengetahuan maupun untuk memantapkan hati dalam memutuskan mendakinya. Berikut ini adalah faktanya:

1. Memiliki Ketinggian 3.173 mdpl

Gunung Dempo memiliki ketinggian 3.173 meter dari permukaan laut. Gunung ini juga termasuk dalam 40 gunung yang membentuk Pegunungan Bukit Barisan yang membentang dari utara hingga selatan Pulau Sumatera. Dalam Pegunungan Bukit Barisan tersebut Gunung Dempo merupakan gunung tertinggi lho.

2. Memiliki 3 Jalur Pendakian

Gunung ini memiliki 3 jalur pendakian yang memiliki tingkat kesulitan berbeda. Pertama jalur Kampung IV yang cocok untuk pendaki pemula karena treknya yang terbilang landai dan memutar. Jalur kedua yaitu Tugu Rimau yang lebih cocok untuk pendaki profesional karena treknya yang lebih sulit dan terjal. Jalur ketiga yaitu Jarai yang terbilang lebih ekstrim dan berbahaya karena didominasi tebing cadas.

3. Memiliki Dua Puncak

Gunung Dempo memiliki dua puncak yang dikenal sebagai puncak Dempo dan Merapi. Para pendaki juga bisa mengunjungi keduanya. Di tengah-tengah puncak juga terdapat lembah yang dikenal sebagai pelataran. Lembah tersebut digunakan pendaki untuk beristirahat dan membangun tenda.

4. Warna Air Kawah Bisa Berubah

Pada puncak Gunung Dempo tepatnya di sisi Merapi terdapat sebuah kawah vulkanik yang warnanya bisa berubah dalam hitungan menit. Biasanya warna yang terlihat yaitu abu-abu, hijau toska, hijau tua dan juga warna biru yang dianggap langka.

5. Menggunakan Asmaul Husna Sebagai Penunjuk Jalur Pendakian

Para pendaki Gunung Dempo akan diarahkan dengan papan tulisan berupa Asmaul Husna bukan dengan ukuran ketinggian. Hal tersebut tentunya sangat unik dan jarang ditemukan pada gunung lain.

Itulah 5 fakta tentang Gunung Dempo Pagar Alam. Jadi tertarik untuk mendakinya bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *