5 Alasan Mengapa Pasangan Memutuskan Untuk Bercerai

5 Alasan Mengapa Pasangan Memutuskan Untuk Bercerai

Jika hubungan rumah tangga sudah tak dapat diselamatkan lagi, jalan terbaik mau atau tidak mau memang merupakan perceraian. Meski demikian, tentunya hal ini akan berdampak kepada kondisi psikologis anak ke depannya. Apa saja hal yang menyebabkan orang bercerai? Simak 5 alasan orang bercerai berikut ini.

  1. Masalah perselingkuhan

Salah satu masalah terbesar yang merusak rumah tangga adalah perselingkuhan. Pasangan akan merasa terkhianati dan hancur rasa percayanya. 

Tidak sedikit suami atau istri yang malah meninggalkan keluarga demi bersama dengan kekasih baru. Tentu ini membuat hubungan rumah tangga retak dan sulit diperbaiki kembali.

Sedangkan perselingkuhan sendiri banyak penyebabnya. Bisa dari tergoda pasangan dengan tubuh lebih muda, masalah seksual dengan suami/ istri, karena harta, atau dapat pula karena ekspektasi yang tidak terpenuhi. Meski demikian, tetap tidak dapat menjadi pembenaran untuk berselingkuh.

  1. Cekcok keuangan

Alasan berikutnya yaitu karena permasalahan harta. Urusan keuangan memang merupakan hal yang sensitif dan sebaiknya kamu rundingkan dulu dengan pasangan. Terutama sebelum melanjutkan ke jenjang pernikahan.

Kendala-kendala keuangan seperti perebutan harta gono-gini, kurangnya nafkah, hingga salah pengelolaan keuangan bisa menjadi bumerang bagi keharmonisan rumah tangga.

  1. Kurang Komunikasi

Faktor penyebab perceraian berikutnya adalah kurangnya komunikasi. Ini terutama dalam upaya memecahkan kendala yang sedang dihadapi. 

Seringkali pertengkaran dapat terjadi karena kesalahpahaman. Jika tidak dikomunikasikan masalah sepele dapat merembet semakin besar. Apabila kedua pihak mau reach out dan menurunkan ego masing-masing, masalah dalam rumah tangga tidak akan menjadi semakin rumit.

  1. Ekspektasi Tidak Sesuai

Selain itu, perceraian juga dapat terjadi karena tidak kuat akibat ekspektasi tidak sesuai. Kondisi di awal menikah dan awal berpacaran tentu berbeda dengan yang sudah bersama bertahun-tahun. 

Watak asli pasangan akan tampak, begitu pula hubungan dengan keluarga besarnya. Pasangan yang ternyata abusif hingga orangtua yang terlalu ikut campur bisa menjadi alasan keretakan sebuah rumah tangga.

  1. KDRT

Alasan perceraian lainnya adalah pasangan yang ternyata toxic, abusive, dan gemar melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). 

Seringkali seseorang memiliki masalah emosional dan kejiwaan sehingga melampiaskannya ke pasangan. Namun seringkali pula korbannya tidak berani mengajukan cerai karena takut dengan ancaman.

Itulah tadi beberapa alasan orang bercerai. Jika kamu telah menikah, jagalah keharmonisan rumah tangga kamu dengan menghindari hal-hal tersebut. Dan jika belum, pastikanlah dulu kematangan hubungan dengan kekasih sebelum lanjut ke jenjang pernikahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.