Wong Kito Galo Wajib Tau! Ini 5 Suku Yang Ada di Palembang

Wong Kito Galo Wajib Tau! Ini 5 Suku Yang Ada di Palembang

Tak hanya suku Melayu, ada lebih banyak etnis dan sub suku yang tersebar di kota Pelambang. Nowers penasaran apa saja suku yang ada di sumatera selatan? Dari total 12 etnis, berikut 5 Suku yang ada di Palembang dengan karakteristik dan ciri khas masing-masing berikut ini.

  1. Melayu Palembang

Suku Palembang atau Melayu Palembang adalah kelompok terbanyak yang mendiami kawasan Palembang. Totalnya mencapai 40 hingga 50 persen dari keseluruhan. 

Masyarakat suku ini berdomisili di daerah Palembang, dan beberapa wilayah lain seperti Kayu Agung, Jejawi, Indralaya, dan Tanjung Raja.

Ciri khas ini adalah memiliki logat bahasa daerah dengan akhiran –o, hampir serupa dengan logat Bengkulu. Sebagian besar suku Melayu Palembang masih sangat menjunjung adat istiadat suku Palembang dan menggunakan rumah limas yang terapung.

  1. Komering
Wanita Komering

Suku Komering memiliki kekerabatan sangat dekat dengan Melayu Palembang. Hanya saja, masyarakat suku ini tidak mendiami kawasan kota Palembang.

Mayoritas dari mereka menghuni kawasan dekat Sungai Komering. Namun, tak sedikit pula orang Komering yang mengadakan mobilisasi ke daerah lain seperti Bengkulu, Lampung, bahkan Jawa.

Secara umum, suku Komering memiliki dua kubu besar, yaitu Komering Ilir dan Ulu. Suku Komering Ilir berdomisili di Kayu Agung sementara suku Komering Ulu tinggal di kawasan Baturaja dan sekitarnya.

  1. Ogan
Wanita Ogan

Suku Ogan atau suku Pegagan merupakan etnis yang secara khusus mendiami wilayah Sungai Ogan, yakni dari Baturaja hingga Selapan.

Orang Pegagan sendiri memiliki 3 kelompok besar yang masing-masing memiliki ciri khas dan karakteristik. Ketiga sub suku Ogan, yaitu Pegagan Ulu, Pegagan Ilir dan Penesak.

Masyarakat asli suku Ogan bekerja sebagai petani dan mengandalkan hasil pertanian seperti beras, kopi, karet, sawit, dan lain lain.

  1. Semendo

Seperti namanya, suku Semendo merupakan orang yang tinggal di kawasan Semendo, Muara Enim. Kabarnya, nenek moyang suku Palembang yang satu ini berasal dari Banten yang dahulu pernah merantau.

Hal ini cukup masuk akal mengingat karakteristik orang Semendo yang cukup identik dengan masyarakat Banten. Suku Semendo terkenal sebagai muslim taat yang bertahan hidup sebagai petani.

  1. Kayu Agung

Suku Kayu Agung adalah masyarakat bisa Anda temukan di wilayah Kayu Agung di sekitar Sungai Komering. Orang Kayu Agung menggantungkan hidup sebagai petani, pengrajin dan pedagang. Jangan heran jika Nowers menemukan suku ini menggunakan bahasa Ogan.

Karena orang dari suku ini memang menggunakan dua dialek bahasa, yakni Ogan dan Kayu Agung.

Bagaimana Nowers? Apakah Anda salah satu dari 5 Suku yang ada di Palembang di atas? Atau Anda belum pernah dengar sama sekali. Semoga ulasan singkat kami di atas bisa menambah pengetahuan Anda. Jika kamu ingin wisata di palembang jangan lupa simak untuk tempat tinggal hotel di palembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.