Beberapa Masjid Wajib Kamu Kunjungi di Palembang

Beberapa Masjid Wajib Kamu Kunjungi di Palembang

Berbagai teori yang diungkapkan oleh ahli sejarah, menyebut bahwa Islam ada di Palembang sejak lama. Bahkan, ada yang menyatakan sejak awal abad pertama tahun hijriyah. Maka tak heran jika terdapat masjid di Palembang yang memiliki nilai sejarah.

Nah, berikut ini masjid bersejarah di Palembang yang bisa Kamu kunjungi.

1. Masjid Sultan Mahmud Badaruddin II (Masjid Agung Palembang)

Masjid ini sangat bersejarah karena sudah berusia berabad-abad lamanya. Diresmikan sejak tahun 1748 masehi, masjid ini juga memiliki desain yang unik. Memadukan arsitektur dari Eropa, Tiongkok, sekaligus Nusantara.Berdiri di atas komplek tanah dengan luas 15.400 meter persegi, kamu bisa dengan mudah datang kesini. Lokasi Masjid Agung Palembang ada di Jalan Jenderal Sudirman, di pusat Kota Palembang.

2. Masjid Jami Kiai Abdul Hamid bin Mahmud (Masjid Ki Marogan)

Masjid Ki Marogan memiliki lokasi yang tergolong unik. Letaknya ada di antara Sungai Musi dan Sungai Ogan. Sesuai namanya, masjid ini didirikan oleh seorang ulama besar bernama Ki Marogan.

Mengingat latar belakang sejarahnya yang kuat, masjid ini juga kerap dijadikan lokasi peziarah dari berbagai daerah. Jika kamu ingin ziarah juga, datang saja ke Jalan Kiai Marogan, di daerah Kertapati, Palembang.

3. Masjid Lawang Kidul

Masjid yang didirikan pada tahun 1890 ini kerap dijadikan spot wisata religi turis dari luar negeri. Arsitektur alat Tiongkok Melayunya yang unik serta nilai sejarah yang tinggi menjadi alasannya. 

Dulu, masjid ini juga menjadi salah satu basis perlawanan terhadap Belanda. Kamu bisa datang lokasinya di daerah Lawang Kidul, Ilir Timur 2, Palembang.

4. Masjid Besar Al Mahmudiyah (Masjid Suro)

Masjid ini juga terbilang cukup tua. Jika dihitung dari usia berdirinya sejak tahun 1891, maka masjid ini telah eksis lebih dari satu abad lamanya. 

Sejak beroperasi di bawah pimpinan Kiai Delamat (murid Ki Marogan), masjid ini menjadi pusat ibadah sekaligus pendidikan.

Masjid yang dulu menjadi momok menakutkan bagi Belanda ini ada di Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan Ilir Barat 2, Kota Palembang. 

5. Masjid Sultan Agung

Penamaan Sultan Agung pada masjid ini karena di dalamnya terdapat makam Sultan Agung Palembang bernama Komarudin Sri Teruno. Hal ini menjadi daya tarik pengunjung datang ke masjid ini.

Jika kamu mau berkunjung juga, bisa datang langsung ke Jalan Sultan Agung, Kecamatan Ilir Timur 2, Palembang.Demikianlah 5 masjid di Palembang yang bisa kamu kunjungi untuk menambah wawasan sejarah. Kamu bisa belajar sekaligus meningkatkan pengalaman spiritual di sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.