5 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Wajib Dicoba

5 Makanan Khas Palembang Selain Pempek yang Wajib Dicoba

Palembang ternyata tidak hanya punya pempek sebagai makanan khas lho. Setidaknya ada 5 makanan khas Palembang seperti berikut ini yang saya rekomendasikan untuk kamu coba.

1. Kurang Suka dengan Pempek? Tekwan Bisa Menjadi Pilihan Tepat

Tekwan berasal dari bahan baku yang hampir sama seperti pempek. Namun, kuliner khas Palembang ini berbeda dengan pempek. Perbedaannya adalah:

  • Bentuk: tekwan memiliki bentuk bulat kecil seperti bakso ikan. Sedangkan pempek memiliki bentuk lebih bervariasi, seperti lenjer.
  • Kuah: tekwan menggunakan kuah kaldu udang bercita rasa gurih. Sedangkan pempek menggunakan kuah cuko.

Untuk penyajiannya, tekwan dilengkapi dengan bihun, potongan bengkuang, jamur kuping. Setelah itu diberi taburan irisan daun bawang, seledri dan bawang goreng.

2. Mau Sarapan Mie Bercita Rasa Gurih? Mie Celor Tak Boleh Kamu Lewatkan

Mie Celor menggunakan kuah santan kaldu ebi dengan mie yang berbentuk seperti mie aceh. Untuk penyajiannya, mie celor dilengkapi dengan tauge, kucai, telur, daging udang. Dengan cita rasa gurih yang cukup mengenyangkan, mie celor bisa dikonsumsi saat sarapan.

3. Lempok, Dodol Khas Palembang dengan Durian Asli

Lempok bertekstur kenyal dan berwarna coklat. Sekilas, lempok terlihat seperti dodol. Namun bedanya, lempok terbuat dari durian asli sedangkan dodol, biasanya dari tepung beras dan perasa durian.

4. Laksan, Paduan Pempek dan Lontong Sayur Gurih yang Tak Boleh Dilewatkan

Laksan memiliki perpaduan rasa pempek lenjer dan kuah seperti lontong sayur khas Palembang. Pempek lenjer ini akan dipotong setebal 1 cm. Kemudian dimasak dengan kuah santan berwarna kemerahan bercita rasa gurih.Citarasa pempek yang dipadukan dengan kuah gurih membuat laksan memiliki rasa yang unik dan enak. Tidak heran jika Laksan menjadi salah satu pilihan makanan kuah khas Palembang yang ingin dicicipi.

5. Kue Maksuba, Lapis Manis Palembang yang Nagih

Sekilas, kue maksuba seperti kue lapis pada umumnya. Namun, kue ini memiliki garis-garis kecoklatan yang terlihat acak-acakan dan tak beraturan.  Umumnya, kue maksuba disajikan saat acara penghormatan dan hari raya.

Jika dibandingkan dengan kue lapis, rasa kue maksuba lebih legit dan manis. Ini karena kue khas Palembang ini menggunakan telur bebek dan susu kental manis. Bahkan, butuh sekitar 24-28 telur bebek untuk setiap adonannya lho.Jadi, dari 5 makanan khas Palembang di atas, mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu?

Leave a Reply

Your email address will not be published.