Mengenal Lebih Dekat Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang

Mengenal Lebih Dekat Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II – Palembang

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II menjadi lalu lintas utama keluar masuk Palembang warga Indonesia sejak lama. Kamu juga mungkin pernah bepergian dari bandara kebanggaan wong kito ini. 

Hanya rasanya, tak lengkap jika Kamu tak tahu berbagai fakta seputar Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Skyscrapercity ini. Untuk itu, marilah Kita bahas hal-hal menarik untuk mengenal lebih dekat tentang bandara kebanggaan Kita ini.

Siapa Sultan Mahmud Badaruddin II?

sultan mahmud bahdaruddin 2 pejuang

Bandara ini mengambil nama Sultan Mahmud Badaruddin II. Namun, sudahkah kamu tahu siapa dia?

Dia adalah salah satu pahlawan yang tercatat sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Kiprahnya dikenal sebagai pejuang gigih yang melawan serangan VOC. 

Posisinya pada masa penjajahan adalah Sultan dari Kesultanan Palembang Darussalam.

Beliau hidup pada rentang tahun 1767 hingga 1862. Masa kepemimpinannya di kesultanan berlangsung selama 16 tahun. Mulai dari tahun 1803 hingga 1819.

Sejarah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II

Sejarah Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang bermula pada tahun 1920. Awalnya, bandara ini digunakan untuk kegiatan penerbangan orang-orang khusus dari kalangan pionir Belanda.

Bandara ini baru beroperasi untuk sipil pada tahun 1950. Tempatnya kemudian diperluas dan diperbaharui dari waktu ke waktu, Seiring kapasitasnya yang semakin besar, bandara ini akhirnya meraih predikat sebagai Bandara Internasional pada Januari 1970.

Luas dan Kapasitas Bandara

Bandara ini memiliki luas landasan pacu yang cukup besar, yakni 3000 x 60 meter. Terminal bagi penumpang juga sangat luas, yakni seluas 13 ribu meter persegi dengan bangunan 3 lantai. 

Secara hitung-hitungan, sanggup untuk menampung 1250 penumpang pesawat.

Bagi penumpang yang ingin parkir, bandara ini juga punya area yang cukup representatif. 

Hal ini karena tempat parkirnya memiliki luas 20.000 meter. Ukuran  tempat parkir tersebut mampu menampung kapasitas hingga 1.000 kendaraan.

Di luar bangunan dan tempat-tempat di atas, ada juga bangunan lain seperti aerobridge dan terminal cargo yang juga dioperasikan.Demikianlah beberapa fakta tentang Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II yang mungkin belum Kamu tahu. Mudah-mudahan menambah wawasan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.