5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Sirkuit Mandalika

5 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Tentang Sirkuit Mandalika

Sirkuit Mandalika telah diresmikan sejak 2021 lalu dan telah digunakan sebagai Kejuaraan Dunia Superbike. Sirkuit yang berlokasi di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini menyimpan segudang keunikan tersendiri. 

5 Hal Unik Tentang Sirkuit Mandalika

Ada beberapa hal unik yang wajib diketahui dari Sirkuit Mandalika. Beberapa hal unik tersebut telah kami rangkum berikut ini. 

  1. Memakai Aspal Terbaik di Dunia

Sirkuit Mandalika MotoGP menggunakan aspal khusus yang didatangkan dari Inggris. Aspal ini memang dikhususkan untuk track MotoGP. Aspal yang dipakai yakni Stone Mastic Asphalt dan memiliki penetration grade sebesar 82. 

Diketahui, tidak semua sirkuit di dunia memakai teknologi ini. Hanya beberapa saja yang memakai teknologi tersebut, termasuk Sirkuit Mandalika di Lombok. 

  1. Luas Lahan dan Panjang Lintasan

Luas lahan untuk membangun sirkuit ini juga cukup menarik. Mengingat sirkuit tersebut berdiri di atas lahan seluas 105,40 ha dan menjadi salah satu sirkuit terbesar. 

Sirkuit ini memiliki panjang lintasan hingga 4,31 km dengan 17 tikungan. Awalnya, panjang lintasan mencapai 4,8 km dengan 19 tikungan. Namun karena dianggap kurang aman, sehingga panjang dan tikungan lintasan dikurangi. 

  1. Kapasitas Penonton

Berdasarkan informasi yang kamu dapatkan, Tribun Sirkuit Mandalika mampu menampung 195.700 orang. Tribun ini ada yang berjenis grand seat dan non grand seat. Tentunya keduanya memiliki harga tiket yang berbeda-beda. 

  1. Corak Tenun Suku Sasak di Lintasan 

Pemandangan yang cukup menarik terpampang pada bagian pinggir lintasan. Pasalnya, Sirkuit Mandalika ini menampilkan corak Tenun dari Suku Sasak yang bernama Subahnale di pinggir lintasan.

Corak ini tentu bisa mengangkat rasa citra Indonesia yang kental dengan keragaman budaya. Selain itu, corak ini bisa menambah estetika tersendiri, selain fungsinya yang sebagai penanda batas lintasan. 

  1. Salah Satu Sirkuit Terindah di Dunia

Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sirkuit Mandalika menjadi salah satu sirkuit terindah di dunia. Hal ini karena lokasinya yang berada di dekat pantai. Sehingga menyuguhkan pemandangan alam yang bagus. Demikianlah beberapa hal unik yang ada di Sirkuit Mandalika. Semoga informasi yang kami sajikan ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *