5 Hal yang Dipersiapkan Ketika Ramadhan Tiba

5 Hal yang Dipersiapkan Ketika Ramadhan Tiba

Ramadhan bulan penuh rahmat dan berkah sebentar lagi akan kamu jumpai. Bulan suci ini sangat dinanti oleh seluruh umat muslim di seluruh dunia. Akan tetapi, Sobat sudah tahu belum, apa saja hal yang dipersiapkan ketika Ramadhan tiba? Simak beberapa persiapan menyambut Ramadhan dari NowPalembang berikut ini.

  1. Mempersiapkan Fisik

Dalam berpuasa dibutuhkan keadaan fisik yang kuat. Kamu bisa mempersiapkan itu semua pada saat sahur, yaitu dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi dan mengandung banyak vitamin. Memiliki fisik yang kuat akan membuat amalan puasa menjadi semakin khusyuk dan bermakna.

  1. Persiapkan Rohani dengan Membersihkan Jiwa

Dalam ibadah puasa tidak hanya menyangkut kekuatan fisik dan menahan rasa lapar saja. Justru di bulan suci ini menjadi kesempatan bagi umat muslim untuk membersihkan hati dan rohaninya.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan jiwa, agar segala penyakit jiwa yang mengganggu dalam beribadah itu hilang. Kamu bisa bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.

Renungkan segala dosa dan kesalahan yang pernah kamu lakukan sebelumnya dalam kehidupan. Insya Allah, jiwa akan menjadi bersih dan kedepannya bisa melakukan ibadan dan segala amalan menjadi khusyuk.

  1. Kuatkan Niat

Persiapan menyambut Ramadhan selanjutnya adalah dengan memperkuat niat. Jadi, sebelum memasuki Bulan Ramadhan, pastikan niatmu untuk menjalankan segala amalan di bulan suci ini benar-benar kuat. Kamu juga harus fokus terhadap satu titik, yaitu kamu beribadah dengan tujuan mencari ridho dari Allah SWT.

  1. Mempersiapkan Ilmu Agama Islam

Persiapan ilmu sebelum Ramadhan menjadi hal yang sangat penting. Mengapa? Karena ibadah dan segala amalan akan maksimal jika kamu telah mengetahui ilmu yang berkaitan dengan Bulan Ramadhan.

Misalkan, kamu mempelajari tentang hikmah berpuasa, melakukan amalan sunnah, zakat. Nah, dengan seperti itu kamu akan terbekali dan memiliki arah dalam menjalankan ibadah di Bulan Ramadhan.

  1. Melakukan Amalan Sunnah

Bulan Ramadhan menjadi kesempatan yang besar untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Bagaimana caranya? Ya, dengan melakukan amalan-amalan sunnah menjelang Ramadhan, kamu bisa mendapatkan pahala-pahala tambahan.

Ada beberapa amalan sunnah yang bisa kamu lakukan, seperti salat tarawih, salat witir, tadarus, iktikaf di masjid.

Bagaimana, apakah kamu sudah mempersiapkan itu semua? Semoga pembahasan tentang beberapa hal yang dipersiapkan ketika Ramadhan tiba ini dapat bermanfaat. Ingat! Segala bentuk amalan yang kamu kerjakan di bulan Ramadhan akan memiliki pahala yang berlipat jika dibandingkan dengan bulan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *