5 Hal yang Kamu Wajib Ketahui Tentang Virus Covid Varian Baru Omicron

5 Hal yang Kamu Wajib Ketahui Tentang Virus Covid Varian Baru Omicron

Belum selesai vaksin dosis kedua dibagikan, sudah muncul lagi varian baru dari Covid 19, yakni covid varian Omicron. 

Varian baru ini muncul di akhir tahun 2021. Lalu, apa itu covid varian Omicron? Berikut ini 5 informasi atau fakta penting tentang Omicron. 

1. Omicron adalah virus yang bermutasi

Di akhir tahun 2021, peneliti menemukan terdapat varian baru covid Omicron yang merupakan mutasi dari jenis virus sebelumnya. 

Omicron mengalami sekitar 50 kali mutasi sehingga menghasilkan kandungan protein yang lebih banyak dibanding jenis virus covid sebelumnya.

2. Omicron menular lebih cepat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Omicron merupakan jenis virus yang bermutasi dan memiliki kandungan protein yang jauh lebih banyak dibanding varian virus sebelumnya.

Hal tersebut menyebabkan virus varian baru ini lebih cepat menular, khususnya bagi yang memiliki sistem imun yg rendah dan juga bagi para lansia. 

3. Deteksi virus Omicron hanya dengan PCR 

Jika kamu merasa mengalami gejala-gejala yang mirip dengan gejala awal covid seperti batuk dan demam serta badan yang terasa lesu, maka kamu perlu mengecek kondisi tubuh lebih lanjut.

Salah satunya yakni dengan segera melakukan tes covid menggunakan rapid test atau PCR test. Untuk kasus virus covid varian Omicron, pendeteksian hanya dapat dilakukan dengan melakukan PCR test.

Jika hasil menunjukkan positif, maka pastikan untuk segera melakukan isolasi dan mendapatkan perawatan yang tepat agar virus Omicron tidak mudah menular.

4. Korban Omicron yang meninggal dunia lebih sedikit

Menurut CNN Indonesia, sudah terdapat lebih dari 1600 kasus covid varian Omicron di Indonesia. Dua diantaranya dinyatakan meninggal dunia dan dua puluh lainnya memerlukan perawatan dengan tabung oksigen. 

Menurut data, angka meninggal dunia korban virus Omicron masih jauh lebih sedikit dibanding jenis varian covid sebelumnya. 

Hal tersebut juga didukung oleh temuan para ahli bahwa Omicron tidak menyebabkan penyakit parah seperti pneumonia pada pasien yang terjangkit.

5. Efektivitas vaksin berkurang terhadap virus Omicron

Menurut para ahli, vaksin yang sudah banyak masyarakat gunakan saat ini telah terbukti memiliki penurunan efektifitas dalam menangkal virus varian baru Omicron. Namun, peran vaksin masih sangat penting dalam membantu memperkuat imun tubuh dari serangan virus covid termasuk Omicron.

Hingga saat ini, para peneliti masih dalam tahap pengembangan vaksin jenis baru untuk menghadapi varian virus baru Omicron ini.

Jadi, itulah tadi beberapa informasi penting yang kamu wajib ketahui tentang covid varian Omicron. Tidak hanya menggunakan masker dan cuci tangan, pastikan kamu juga selalu menjaga jarak dan jangan lupa untuk mendapatkan vaksin yang lengkap bagi yang belum.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.